Bupati Tegaskan Ponorogo Kota Budaya Dan Santri. 2022 Penari Sufi Dan 100 Bujang Ganong Raih Museum Rekor Dunia Indonesia

PONOROGO – Mempertegas jika Ponorogo kota budaya dan santri. Pemerintah setempat menggelar parade tari sufi dan bujang ganong. Jalan Haji Oemar Said (HOS) Tjokroaminoto dan Jendral Sudirman, yang menjadi lokasi kegiatan tersebut sesak dipenuhi 2022 penari. ”Kami ingin memberikan pesan jika Ponorogo itu kota Budaya dan Santri, ” kata Bupati Sugiri Sancoko kepada wartawa Selasa (9/7/2022).


Kang Bupati -sapaan Bupati Sugiri Sancoko menjelaskan, mengusung dua tarian tersebut karena seni sufi yang memiliki arti ikhlas. Seperti bujang ganong ketika menari menggunakan topeng, tidak mau ketahuan dirinya itu siapa. Sedangkan penari sufi yang muter terus itu mereka ikhlas berpasrah kepada Tuhan. ”Dengan lincah dan khafah  total menari menggunakan topeng. Artinya anda berbuat baik dan berbuat hebat jangan perlihatkan mukanya, ” ungkap kang bupati.


Dirinya mengapresiasi penari sufi dan bujang ganong yang notabene usia SD dan SMP. Berkat mereka serentak menampilkan tarian yang hebat, Ponorogo kembali menyabet Museum Rekor Dunia Indonesia (Muri). ”Dalam melaksanakan kegiatan ini tidak ada kendala, karena melibatkan para guru, terimakasih semuanya, ” jelas Kang Bupati.


Disisi lokasi yang sama Wakil Bupati Ponorogo Lisdiyarita menyampaikan tanggapan. Menurutnya perpaduan dua seni tari itu luar biasa, karena mampu menyedot perhatian ribuan pasang mata. Termasuk juga warga asli Korea yang datang melihat pertunjukan tersebut. ”Adanya penonton dari Korea itu menunjukan jika Ponorogo sudah mulai dilirik wisatawan mancanegara, ” kata Bunda Lisdiyarita sapaan akrab Wabup Ponorogo.


Dirinya berharap, kedatangan orang asli negri gingseng tersebut membawa dampak positif. Syukur-syukur ketika mereka pulang dapat menceritakan jika di Indonesia ini ada kabupaten yang kental akan budaya dan santrinya. Membuktikan kalau Ponorogo itu tidak kalah dengan lainnya. ”Semoga dapat mendatangkan wisatawan asing lebih banyak ke Indonesia, ” pungkasnya. (adv/Ed)

Comments