Bupati Luncurkan Program Posyandu Kesehatan Jiwa (poskeswa) Di Tujuh Puskesmas

PONOROGO– Demi menuju Ponorogo Hebat, Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko terus konsen terhadap kesehatan jiwa penduduk daerah yang dipimpinnya. Gerakan zero pasung dicanangkan sebulan setelah pelantikan. Selepas itu, revitalisasi menyentuh Puskesmas Pembantu (Pustu) Kesehatan Jiwa Paringan di Jenangan dengan daya tampung 16 pasien rawat inap.

Menandai Hari Kesehatan Jiwa Sedunia (HKJS) 10 Oktober 2022, Kang Bupati –sapaan Bupati Sugiri Sancoko—meluncurkan program posyandu kesehatan jiwa (poskeswa) di wilayah kerja Puskesmas Sambit, Sukosari, Jenangan, Setono, Mlarak, Sukorejo, dan Puskesmas Badegan.

‘’Seseorang dikatakan sehat secara mental ketika merasa sejahtera secara psikologis, emosional, maupun sosial,’’ katanya Giri dalam peringatan HKJS di Sasana Praja, Senin (10/10/2022).

Kang Bupati menjelaskan bahwa bahwa fungsi poskeswa mendeteksi sejak dini penduduk yang terindikasi mengalami gangguan jiwa. Pihaknya memberi perhatian khusus karena kesehatan jiwa berpengaruh terhadap pola seseorang dalam berpikir, merasakan, bertindak, membuat keputusan, dan berinteraksi dengan orang lain.

‘’Kita wujudkan Ponorogo Sehat Jiwa, orang dengan skizofrenia (gangguan mental yang memengaruhi tingkah laku, emosi, dan komunikasi) bisa pulih dan kembali berdaya,’’ terangnya.(adv/el)

Comments