Raih Anugerah STBM Award 2022, Bupati Sugiri Apresiasi Kinerja Dinkes Ponorogo

Komitmen Penanggulangan Covid-19

PONOROGO– Kinerja Bupati Ponorogo bersama jajarannya dalam membangun komitmen untuk Mewujudkan Herd Imunity Terhadap Covid-19 mendapat pengakuan dari Pemerintah Pusat.

Pengakuan tersebut dibuktikan dengan dianugerahinya Kabupaten Ponorogo sebagai salah satu Kabupaten yang layak untuk menerima “Penghargaan STBM Award” tahun 2022 yang bertempat di Pendopo Kabupaten Ponorogo, Rabu(29/12).

Penganugerahan tanda penghargaan yang diberikan pada semua Puskesmas di Kabupaten Ponorogo ini diharapkan bisa memotivasi dalam meningkatkan cakupan vaksinasi di wilayahnya masing-masing menjadikan
masyarakat kuat menuju Ponorogo Hebat.

Dalam laporannya Kepala Dinas Kesehatan Ponorogo Dyah Ayu Puspitaningarti., M.Kes. mengatakan, jenis penghargaan nasional bidang kesehatan yaitu Penghargaan STBM (Sanitasi total berbasis masyarakat) Kategori Demand creation berkala nasional dengan bentuk kegiatan pemberdayaan masyarakat untuk merubah pelaku menjadi lebih sehat.

“Dalam meraih STBM award kategori Demand creation upaya yang di lakukan antara lain berkolaborasi dengan penggunaan dana RT untuk pengadaan Komposter bag, Biopori dan pembelian tempat sampah.” Ucapnya.

Penghargaan berikutnya adalah untuk komitmen mewujudkan Herd Imunity terhadap covid 19. Dengan upaya yang di lakukan antara lain gerakan serentak Vaksinasi hebat terpadu (Gertaksahdu) di gedung terpadu Dinkes Ponorogo dan 31 puskesmas se Kabupaten Ponorogo.

“Kita terus Evaluasi hasil pelaksanaan vaksinasi covid 19 secara berkala dengan forkopimda, Forpimca dan lintas Sektor terkait untuk percepatan vaksinasi Covid 19.” Paparnya.

Sementara itu, dalam sambutan Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko mengatakan, Tantangan yang di hadapi terkait pembangunan kesehatan, khususnya higiene dan sanitasi masih sangat besar. untuk itu salah satu upaya dengan cara memperkuat upaya perilaku hidup bersih dan sehat.

“Penganugerahan STBM Award menjadi bukti adanya komitmen dari pemerintah daerah yang kuat dan semangat kebersamaan yang tinggi dari semua elemen masyarakat demi menuju Kabupaten Ponorogo hebat,” terangnya

Dengan di raihnya tanda penghargaan dari Kementerian Kesehatan tentang Komitmen untuk Mewujudkan Herd Imunity Terhadap Covid-19 di Wilayahnya merupakan tanggung jawab kita bersama.

“Saya ucapkan terimakasih dan selamat atas diraihnya penganugerahan penghargaan STBM Award dan tanda penghargaan dari Kementerian Kesehatan tentang Komitmen untuk Mewujudkan Herd Imunity Terhadap Covid-19 di Kabupaten Ponorogo.” Ungkap kang Giri.(Budi).

Comments