Diduga Terlibat Kasus Pungli Segel Tanah, 6 Perangkat Desa Sawoo Diperiksa Kejaksaan

PONOROGO-Kejaksaan Negeri (Kejari) Ponorogo bergerak cepat mengusut dugaan oknum perangkat desa yang melakukan pungutan liar (pungli) dengan modus segel tanah di Desa Sawoo,Kecamatan Sawoo, Ponorogo.

Hari ini kejaksaan meng-agendakan pemeriksaan terhadap 6 perangkat desa yang dinilai terkait perkara ini menyusul adanya laporan.

” Hari ini kita meng-agendakan pemeriksaan terhadap 6 perangkat desa, yang terdiri dari 5 Kepala Dusun (Kasun) dan satu staff Kasun. Namun dari ke enam perangkat desa tersebut yang hadir hanya 4 orang,” ucap Ahmad Affandi Kasi Intel Kejaksaan Negeri Ponorogo, (6/2).

Affandi mengatakan, agenda hari pemeriksaan untuk pengumpulan bahan keterangan terhadap
perangkat desa. Selama dimintai keterangan mereka masih belum mengakui atau masih menyangkal, bahwa melakukan pungutan liar terhadap proses penyegelan tanah sebagai salah satu persyaratan untuk pengajuan program PTSL di Desa Sawoo.

“Masih ada penyangkalan, tapi itu hak mereka, tidak berpengaruh terhadap kelanjutan pemeriksaan,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Affandi mengatakan, dalam agenda pemeriksaan kali ini pihaknya telah melibatkan penyidik dari seksi pidana khusus.

“Ini kan masih penyelidikan, yang jelas sudah ada pemanggilan untuk pihak-pihak terkait. nanti kita rapatkan lagi dan kita serahkan ke penyidik Pidsus atau langsung kita naikan ke penyidikan,” ungkap Affandi. (el)

Comments