Cegah Kerusakan Lingkungan, Wakil Ketua DPRD Miseri Efendi Gelar Sosialisasi Di Kecamatan Pudak

PONOROGO– Lingkungan yang sehat bebas polusi merupakan dambaan setiap manusia. Pencemaran dan kerusakan lingkungan, sebagai akibat samping (dampak negatif) dari kotoran ternak maupun dari rendahnya mutu perilaku (sebagian warga) masyarakat, niscaya menimbulkan masalah dalam kehidupan dan menjadi kendala bagi terwujudnya pembangunan berkesinambunga. untuk peningkatan kesejahteraan manusia, dalam pengelolaan lingkungan, karenanya perlu dicegah dan ditanggulangi.

Sehubungan dengan diatas, Pemerintah Kabupaten Ponorogo, dalam hal ini Dinas Lingkungan Hidup Ponorogo menggelar sosialisasi pengendalian pencemaran lingkungan hidup dengan mengandeng Wakil Ketua DPRD Ponorogo Miseri Efendi di Desa Bareng, Kecamatan Pudak, Ponorogo, Selasa (21/3).

Miseri Efendi, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Ponorogo mengatakan, sosialisasi ini untuk mengurangi pencemaran, kerusakan lingkungan di beberapa usaha atau kegiatan masyarakat khususnya di Kecamatan Pudak.

“Kita menggelar sosialisasi pengendalian pencemaran lingkungan hidup di Kecamatan Pudak karena kawasan ini mayoritas peternak sapi. Sehingga pengelolaan limbah perlu kita perhatikan,” ucapnya.

Lebih lanjut Miseri mengungkapkan, tujuan dan harapan dari sosialisasi ini untuk pemberian Informasi tentang penanggulangan pencemaran, kegiatan masyarakat di kawasan peternak ini.

“Kita memberikan informasi kepada masyarakat sekitar khususnya peternak agar lebih meningkatkan rasa cintanya terhadap lingkungan dan ini tim dari DLH juga menghimbau untuk tetap menjaga kebersihan, keindahan serta juga memberikan edukasi terkait pengelolaan limbah ternak,” tambahnya.

Sementara Gulang Winarno mengatakan, bahwa Pemerintah Daerah senantiasa mengharapkan kepada semua lapisan masyarakat agar tidak salah dalam memanfaatkan limbah, karena akan menimbulkan malapetaka yang lebih dahsyat serta dapat mengundang berbagai bencana alam seperti longsor, banjir bandang dan lain sebagainya.

“Mari kita menanamkan karakter peduli lingkungan, yaitu perwujudan sikap manusia terhadap lingkungan berupa tindakan dalam kehidupan sehari-hari yang merupakan upaya untuk mencegah rusaknya lingkungan alam di sekitarnya,” ujarnya.(adv/el)

Comments