Gerakan Kincir Ekonomi Lokal

Bupati Bersama PKK Ponorogo Gelar Pasar Ramadhan di 310 Desa

PONOROGO-Gerakan kincir ekonomi lokal, Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko terus berupaya mensejahterakan masyarakat ditingkat bawah. Dengan menggandeng Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahtraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Ponorogo, bupati, menggelar Pasar Ramadhan di 310 desa dan kelurahan di Ponorogo, selama bulan Ramadhan ini.

Tak hanya menjual jajanan lokal dan hasil kerajinan dari binaan kader PKK desa dan kelurahan. Dalam kegiatan ini juga dilakukan penyuluhan stunting dan pola hidup sehat yang dilakukan oleh kader kesehatan.

“Pasar Ramadhan ini, kami bersama temen-temen PKK sengaja membuat, agar ada kincir ekonomi di bawah selama ramadhan ini. Dari hal yang sepele tapi ini berpengaruh besar terhadap perputaran ekonomi,” ucapnya usai meninjau Pasar Ramadhan di 3 Desa yang ada Kecamatan Sampung, Rabu (29/03).

Bupati mengaku, keberadaan Pasar Ramadahan untuk menjaga stabilitas ketahanan ekonomi saat Ramadhan, dimana masyarakat meningkat konsumtifnya, baik kebutuhan pangan dan sandangnya.

“Biasanya mendekati lebaran ketahanan pangan penting untuk kita lakukan. Ketika harga melonjak tapi ini ada kegiatan yang mendatangkan inkam. Saya lihat juga ini sudah menjadi kebiasaan di beberapa desa, sudah menjadi ekosistem,” ungkapnya.

Ia pun berharap, dengan keberadaan Pasar Ramadhan ini, mampu menciptakan sumber pemasukan baru bagi masyarakat, khusus menyambut lebaran.

Lebaran itu ibu butuh uang, anak butuh baju baru, sehingga dengan ini bisa mendatangkan inkam baru untuk memenuhi kebutuhan saat lebaran. Kami berharap ini menjadi jawaban atas permasalahan kesulitan pemasukan saat ini,” pungkasnya.(adv/El)

Comments