Jadi Sorotan Publik, Ini Daftar Harta Kekayaan Kepala Dinas Ponorogo

Direktur RSUD Paling Kaya Miliki Harta Rp 11.1 miliar

PONOROGO-Kepemilikan harta kekayaan pejabat negara saat ini tengah menjadi sorotan masyarakat Ponorogo. Salah satu faktor yang membuat hilangnya kepercayaan publik, yakni kasus bedol desa puluhan karyawan dan perawat RSUD dr Harjono Ponorogo yang plesiran ke Pulau Dewata beberapa waktu lalu.

Di Kabupaten Ponorogo, ae1news.com coba menelusuri berapa harta yang dimiliki sejumlah pemangku kebijakan khususnya kepala dinas (kadis). Mengacu pada data e-lhkpn Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), hampir seluruh Kadis, Direktur dan Sekda sudah terdaftar ditahun 2022.

Bahkan, dari 31 Kepala Dinas yang terdata melalui laman LHKPN milik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), terdapat tiga yang belum terlapor, yaitu Toni Sumarsono sebagai PLT Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Ponorogo dan Najib Susilo sebagai Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik (Pensiun), Serta Asisten Pemerintahan dan Kerjasama belum terdapat di e-lhkpn.

Berdasarkan data ini pula, per 2022 kekayaan paling banyak dimiliki oleh Direktur RSUD Ponorogo, dr Yunus Mahatma dengan harta mencapai Rp 11.1 miliar. Rinciannya dia memiliki tanah dan bangunan dengan total mencapai Rp 7 miliar. Kepemilikian tanahnya menyebar di berbagai daerah mulai dari Surabaya, Madiun hingga di Kabupaten Magetan.

Rumah mewah bagaikan seorang sultan di dapat dari hasil sendiri bukan dari warisan menurut laporan yang di sampaikan Mahatma di LHKPN nya pada tahun 2022 ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Dalam pelaporannya dia memasukan alat transportasi dan mesin senilai Rp 1,3 miliar. Kemudian harta bergerak lainya 930 juta. Kemudian kas dan setara kas Rp 2 miliar, serta memiliki hutang sebesar Rp 600 juta.

Sementara itu, kekayaan terbanyak kedua adalah Sekretaris Daerah (SEKDA) Ponorogo, Agus Pramono ini mempunyai jumlah kekayaan per 2022 mencapai Rp 10.6 miliar.

Dari data e-lhkpn, kekayaan dari tanah dan bangunan mencapai Rp 9,5 miliar. Kemudian transportasi dan mesin senilai Rp 294 juta. Kemudian harta bergerak lainya Rp 62 juta. Kemudian kas dan setara kas Rp 1.7 miliar, serta memiliki hutang sebesar Rp 1 miliar.

Sedangkan peringkat ke tiga adalah, Jamus Kunto Purnomo Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kabupaten Ponorogo mempunyai jumlah kekayaan Rp 5,8 miliar.

Masih ada kadis dengan kekayaan di bawah Rp 5 Miliar. Untuk kepala dinas di Kabupaten Ponorogo dengan harta kekayaan paling rendah jatuh kepada Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga. Tercatat dia hanya memiliki kekayaan di angka Rp 200 juta. (el)

Berikut Daftar Kekayaan Kepala Dinas – Direktur di Kabupaten Ponorogo. Dalam situs resmi LHKPN KPK (lhkpn.kpk.go.id) yang bisa diakses publik secara terbuka.

Comments