Galakan Program Pemanfaatan Tanah Pekarangan, TP PKK Baksos 1.500 Tanaman Buah

PONOROGO-Galakan Program Pemanfaatan Tanah Pekarangan (PTP) Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Ponorogo. Bersama sejumlah organisasi wanita di Bumi Reog menggelar baksos 1.500 berbagai tanaman buah yang berempat di desa Bajang, Kecamatan Balong, Ponorogo, Rabu (07/02/2024).

Dalam sambutanya, Ketua TP PKK Ponorogo Susilowati Sugiri Sancoko memaparkan, dalam baksos hari ini ada aebanyak 1.500 bibit tanaman buah yang bakal ditanam ditanah pekarangan. Tak hanya ditanam oleh emak-emak di desa Bajang, namun ribuan bibit tanaman buah ini juga dibagi-bagikan ke seluruh RT se kecamatan Balong, yang selanjutnya akan ditanam di lingkungannya masing-masing.

” Tanaman buah yang kita tanam hari ini total ada 1.500 ada yang di tanam ibu-ibu langsung dan dibagikan ke RT ada 5 bibit per RT. Itu juga akan ditanam di lingkungannya masing-masing,” ujarnya.

Istri orang nomer satu di Ponorogo ini juga mengungkapkan, dalam waktu dekat pihaknya juga akan melakukan kegiatan serupa di beberapa kecamatan dengan menanam bunga secara masal. Ia berharap dengan gerakan penghijauan ini ekosistem alam dan lungkungan khususnya di Ponorogo lebih terjaga.

” Masyarakat juga semakin sadar dengan kelangsungan ekosistem alam. Karena dengan semakin banyaknya pohon alam kita semakin terjaga kualitas udara juga semakin bagus,” ungkapnya.

Sementara Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko berpesan agar sinergita PKK dan masyarakat terus dipupuk. Apalagi, PKK merupakan mitra yang siap mendukung suksesnya pembangunan, dan aktif menggerakkan masyarakat. 

“Kita bangun peran dari bawah ke atas ke seluruh pihak untuk ikut aktif. Seperti salah satunya program PKK ini. Ibu Susilowati bisa jadi contoh. Agar pekarangan bisa dimanfaatkan lebih produktif,” kata Bupati menutup acara yang dilanjutkan dengan kegiatan menanam tanaman buah.(el)

Comments