Antisipasi Laka Lantas, Tim Gabungan Rampung Check Bus Pariwisata di Ponorogo

PONOROGO – Petugas Gabungan dari Satlantas Polres Ponorogo, tim penguji Dinas Perhubungan dan Terminal Seloaji langsung bergerak cepat mengecek kelayakan armada bus pariwisata yang ada di Ponorogo.

Pengecekan ini dilakukan sesaat setelah ada perintah langsung dari Korlantas Mabes Polri, seluruh jajaran untuk melakukan pengecekan kelayakan bus pariwisata, pasca adanya kecelakaan maut bus pariwisata di Subang beberapa hari lalu.

Purwanto, Kepala Satuan Pelayanan Terminal Tipe A Seloaji Ponorogo mengatakan, dalam pengecekan yang dilakukan tim gabungan ada 5 PO bus pariwisata yang dilakukan pengecekan dan kelayakan.

“Tim gabungan menggelar ramp check terhadap armada bus pariwisata di 5 PO yang ada di Ponorogo,” ucapnya.

Hasilnya, ada temuan 1 armada bus yang tidak layak jalan karena tidak memenuhi unsur administrasi dan unsur teknis utama serta penunjang.

“Petugas menemukan 1 armada bus pariwisata yang tidak layak jalan, ini terungkap setelah petugas mengecek administrasi armada, unsur teknis utama dan penunjang tidak memenuhi ketentuan,” jelasnya.

Sebagai bentuk penindakan, pihaknya lantas langsung menempelkan stiker dan melarang armada tersebut untuk dikemudikan.

“Armada yang tidak memenuhi ketentuan, kami tempeli stiker ‘tidak layak jalan’ serta melarang untuk mengaspal hingga ketentuan yang dimaksud terpenuhi,” ungkapnya.

Selain itu, armada tersebut jika sudah memenuhi ketentuan yang ada masih diwajibkan ramp check.

“Untuk beroperasi kembali, selain memenuhi syarat yang ada dalam ketentuan, armada yang terindikasi tidak layak jalan kami wajibkan melakukan ramp check di terminal,” pungkasnya.(el).

Comments