PRESIDEN JOKOWI DIJADWALKAN, RESMIKAN BENDUNGAN WADUK BENDO

PONOROGO – Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan bertolak ke Jawa Timur untuk meresmikan Bendungan Bendo yang terletak di Desa Ngindeng, Kecamatan Sawoo, Ponorogo, Selasa (7/8/2021).

Dikonfirmasi Bupati Ponorogo, Sugiri Sancoko, mengatakan pihaknya sudah berkoordinasi dengan sejumlah pihak untuk menyambut kedatangan kepala negara tersebut.

(istimewa) Presiden Jokowi bersama Menteri Pupr

“Hampir positif karena kita sudah berhari-hari koordinasi dengan Korem, Protokol Provinsi Jatim, dan Dandim 0802 Ponorogo,” kata Kang Giri.

Rencananya, selain meresmikan Bendungan Bendo, pak Jokowi juga dijadwalkan meninjau langsung vaksinasi Covid-19 di sekolahan serta Pondok Pesantren di Ponorogo.

Untuk diketahui, Bendungan Bendo merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) yang bertujuan menambah kapasitas tampungan air di wilayah sekitarnya sehingga suplai air irigasi petani tetap terjaga.

“Kehadiran bendungan dapat bermanfaat sebagai sumber air baku, energi, pengendalian banjir, dan pariwisata yang akan menumbuhkan ekonomi lokal,” lanjut Kang Giri.

Menurutnya ketersediaan air menjadi hal yang sangat vital bagi petani untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas hasil panen. Bahkan saat ini produksi padi di Ponorogo sudah surplus 214 ribu ton per tahun.

“Dapat dipastikan dengan adanya bendungan bendo ini tentu semakin mengintervensi nilai tukar tambah petani,” tambahnya.

Perlu diketahui, Pekerjaan Bendungan Bendo ini dilaksanakan mulai tahun 2013 dengan biaya APBN sebesar Rp 1,072 triliun.

Dengan kapasitas daya tampung Bendungan Bendo mencapai 43,11 juta meter kubik dengan tinggi bendungan 71 m. (pik)

Comments