Kesadaran Masyarakat Minim, Warga Buang Sampah Sembarangan

PONOROGO-Kesadaran sebagian masyarakat desa Sampung untuk menjaga lingkungan tampaknya masih minim, buktinya masih ada warga yang membuang sampah sembarangan di sisi jalan yang menghubungkan Kabupaten Ponorogo dengan Kabupaten Magetan tepatnya di Desa Sampung Lor, Kecamatan Sampung, Ponorogo. Sampah rumah ini tangga ini diduga dibuang masyarakat sekitar maupun pengguna jalan yang melintas, Selasa (26.10.2021).

Sampah-sampah rumah tangga mendominasi di lokasi ini, seperti kantongan plastik, bekas botol minuman dan sedotan plastik yang beserakan di sisi jalan hingga ke bibir sungai yang dapat mengancam ekositim sungai.

Akibat banyaknya sampah yang berserakan ini, membuat salah satu penguna medsos Facebook yakni, Djoko Poernomo langsung mengunggah lokasi tersebut di berbagai grup medsos hingga viral. ” Buang sampah kok koyo ngene lor jembatan Sampung. Moso ngeneki piyee”.

Atas unggahan tersebut praktis membuat para nitizen berkomentar negatif. Bahkan hingga saat ini mencapai 2 ribu like serta ratusan komentar yang viral di grup medsos WhatsApp maupun facebook.

Sementara Abdul Wasiat, selaku warga desa Sampung mengatakan, dengan adanya masyarakat yang buang sampah sembarang ini seharusnya pihak desa segera tanggap. Sebab tumpukan sampah tersebut mengeluarkan aroma tak sedap yang membuat pengguna jalan tak nyaman ketika melintas dilokasi ini.

“Kami berharap, pihak desa segera memasang himbauan larangan buang sampah dilokasi tersebut. Kalau perlu dibuatkan perdes, agar masyarakat maupun penguna jalan tidak membuang sampah kembali,” harap Abdul Wasiat dengan nada kesal.

Ia juga menambahkan, pihak desa harus aktif memberikan sosialisasi kepada masyarakat supaya tidak membuang sampah sembarangan dan masyarakat juga harus sadar dan peduli terhadap lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan. “Ya, perlu kesadaran dan peran serta semua pihak,” pungkas Abdul. (El/pik)

Viral Pembuangan Sampah Sembarangan Didesa Sampung
Comments