Ciptakan Kamtibmas Kondusif Perayaan Nataru, Forkopimda Cek Gereja di Ponorogo

PONOROGO- Dalam rangka pengamanan dan menjaga Kamtibmas tetap kondusif menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru) di Kabupaten Ponorogo, Forkopimda meninjau sejumlah gereja yang akan menggelar ibadah perayaan Natal, Jumat (24/12/2021).

Kapolres Ponorogo AKBP Catur Cahyono menuturkan, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka pengecekan Pos Pelayanan Nataru dan juga kesiapan gereja menjelang perayaan Natal tahun 2021.

“Untuk pengecekan hari ini di Pos Pelayanan Nataru di jalan HOS Cokroamino serta gereja Santa Maria yang berada di Jalan Gajah Mada Ponorogo. Pengecekan yang sama juga dilakukan oleh Polsek jajaran bersama Muspika setempat,” ungkapnya.

Disampaikan AKBP Catur, konsen petugas tidak hanya terbatas pada aspek keamanan semata. Namun juga upaya pencegahan terhadap kemungkinan terjadinya lonjakan Covid-19 khusunya pada saat Nataru.

Menurutnya, terlebih saat ini sudah ditemukan varian baru Delta dan Omicron yang oleh sejumlah ahli dikatakan penyebarannya lebih cepat.

“ Maka dari itu, karena saat ini masih dalam kondisi pandemi Covid-19, sehingga pelaksanaan ibadah maupun perayaan Natal harus tetap memperhatikan peraturan yang ada,” tuturnya.

Dalam kesempatan itu AKBP Catur juga mengimbau kepada jemaat maupun pengurus geraja untuk benar-benar mentaati Prokes.

” Jadi harus memperhatikan kapasitas gereja serta pemakaian Barcode Aplikasi Peduli Lindungi dan peserta ibadah harus sudah vaksin,” tegasnya.

Ditempat yang sama Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko merasa senang, karena melihat sudah ada kesadaran pelaksanaan ibadah keagamaan sesuai dengan protokol kesehatan.

” Semoga apa yang dilakukan ini membawa keamanan, kenyamanan dan kedamaian untuk umat Nasrani yang akan melaksanakan ibadah perayaan Natal di tahun 2021 ini,” ucapnya.

Ditambahkan Kang Giri, dengan kesadaran para pengurus Gereja akan protokol kesehatan ketat maupun bahaya Covid-19, pihaknya berharap hal ini bisa di pertahankan dan yang kurang bisa diperbaiki lagi.

Dari pantauan AE1NEWS.COM, nampak hadir dalam rombongan tersebut antara lain Kapolres Ponorogo, Kajari, Wakil Bupati Ponorogo, Dandim 0802 Ponorogo, Anggota DPRD, serta sejumlah pejabat Pemkab Ponorogo. (el).

Comments