Wakil Bupati Ajak Ranting Kecamatan Gerakan Pramuka Sebagai Kader Bangsa

PONOROGO-Organisasi Pramuka terstruktur kuat mulai pucuk batang, dahan, cabang, hingga ranting. Wakil Bupati Lisdyarita yang memiliki jabatan otomatis selaku Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Ponorogo berhak melantik pengurus Kwartir Ranting (Kwaran) Gerakan Pramuka Kecamatan Slahung.

Bunda Rita –sapaan Wabup Lisdyarita—juga mengesahkan majelis pembimbing dan lembaga pemeriksa keuangan (LPK) di tingkat kwaran itu. Peran kwaran cukup strategis karena mengelola dan membina organisasi semua gugus depan (gudep) Pramuka di wilayahnya. ‘’Pengelola dan pembina Pramuka di sekolah-sekolah adaah kwaran,’’ kata Bunda Rita ketika melantik pengurus Kwaran Gerakan Pramuka Kecamatan Slahung, , Selasa (18/10/2022).

Menurut dia, pengurus kwaran harus berperan menjali kerja sama yang apik dengan masyarakat instansi pemerintah ataupun swasta di level kecamatan. Tanpa kecuali dengan forum koordinasi pimpinan kecamatan (forkopimka) yang terdiri caat, danramil, dan kapolsek. ‘’Sesuai tujuan gerakan Pramuka, di antaranya berakhlak mulia, berjiwa patriotik, taat hukum, disiplin, menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa, menjaga dan membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia, serta melestarikan lingkungan hidup,’’ terangnya.

Bunda Rita juga mengungkapkan peranan Pramuka sebagai gerakan pendidikan yang merupakan bagian tak terpisahkan dari sistem pendidikan nasional. Organisasi kepanduan ini ikut menyiapkan para pemuda menjadi kader bangsa yang berkualitas secara moral, mental, spiritual, intlelektual, emosional, maupun keterampilan. ‘’Pemuda tidak bisa dilepaskan dari pembangunan suatu negara dan berperan penting dan berkelanjutan dalam perjalanan kehidupan berbangsa,’’ ungkapnya.(adv/El)

Comments