Pedesnya Nendang, Kuliner Ayam Bakar Sampung Laris Manis

Ludes Ratusan Ekor Per-hari

Pemilik warung membakar ayam panggang diatas tungku

PONOROGO– Kuliner di desa Sampung memang tak ada habisnya memanjakan lidah pecintanya.

Salah satu kuliner Sampung yang laris manis dengan banyak pengunjung di Kecamatan Sampung yakni Ayam Panggang Bu Kariyem.

Warung ini sudah berdiri hampir 30 tahun, lokasinya berada di Jl. Raya Sampung, tepatnya berada di pasar Sampung, Kecamatan Sampung Ponorogo, Jawa Timur.

Walau tempat kuliner ini belum buka namun pengunjungnya sudah sering banyak yang antre di depan untuk menikmati Ayam Panggang.

Ayam yang digunakan di tempat kuliner ini adalah ayam kampung. Pengunjung bisa membeli ayam mulai dari ¼ ayam hingga ayam utuh. Bahkan warung ini juga menyediakan garang asem serta sunduk-an jerohan.

Harga ayam kampung utuh dibanderol dengan harga Rp120 ribu, ayam separuh Rp60 ribu, dan ayam ¼ Rp28 ribu.

Pengunjung bisa meminta ayam kampung utuh ini dipotong menjadi beberapa bagian. Ayam tersebut sudah disajikan dengan sayur dan urap-urap khas Sampung.

Sayur urap-urapnya sendiri terdiri dari kacang panjang dan tauge dengan cita rasa yang pedas pula seperti ayamnya.

Jika pengunjung ingin menambah nasi putih, bisa membayar tambahan Rp5 ribu per porsinya.

Terdapat beberapa karyawan yang ada di dapur kuliner ini. Mulai bagian membersihkan ayam, menusuk ayam, hingga bagian pemanggangan.

Ayam kampung ini ditusuk dan dipanggang, kemudian direbus agar matang dan empuk. Selanjutnya ayam kembali dibakar dengan dicelupkan bumbu racikan pedas yang tersedia.

Sekali panggang ayam kampung ini bisa langsung 13-15 ekor di atas arang. Di hari biasa warung ini bisa menghabiskan 150-an ekor. Itupun belum pesanan dari luar, seperti orang hajatan dan acara perkantoran.

Sedangkan untuk hari libur, warung ini bisa menghabiskan hingga 200 ekor lebih ayam kampung.

Ayam Panggang Sampung buka mulai pukul 08.00 – 16.00 WIB. Jika libur biasanya pengunjung akan diberitahukan satu minggu sebelumnya. (El)

Comments