Amankan Pemilu Tahun 2024, Bawaslu Ponorogo Lantik 307 Pengawas Desa/ Kelurahan Se – Ponorogo

PONOROGO– Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko hadiri pelantikan dan sekaligus pengambilan sumpah/janji terhadap 307 Pengawas Pemilihan Umum Kelurahan dan Desa (PKD) di 21 wilayah Kecamatan di Kabupaten Ponorogo Minggu (05/2) di kantor PGRI Ponorogo.

Selain Bupati, hadir juga Dandim 0802 Ponorogo, Ketua DPRD Ponorogo dan Bawaslu Jatim beserta jajaran Bawaslu Kabupaten Ponorogo.

Bupati Ponorogo Sugiri Sanacoko dalam sambutannya selain menyampaikan, Negara telah memberikan kepercayaan terhadap anggota PKD sebagai pengawas pelaksanaan Pemilu 2024,” Harapan kedepan kita mendapat pemimpin yang lebih baik dari hasil Pemilu yang jujur.” paparnya.

Selain itu Bupati juga menyampaikan, pengawas yang telah di ambil sumpahnya jangan sampai tergoda dengan iming-iming sesuatu yang menjadikan tidak jujur dan mengkhianati hasil pesta demokrasi. ” Saya ucapkan selamat kepada semua Pengawas desa yang dilantik dan diambil sumpah/janjinya, harapan kami segera menyesuaikan dengan tahapan yang telah disusun dan dilaksanakan oleh KPU kabupaten Ponorogo sebagaimana amanat UU nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu,” ungkapnya.

Sementara Ketua Bawaslu Ponorogo Muh Syaifulloh mengatakan, hari ini telah dilantik 307 petugas PKD, setelah dilakukan sumpah janji akan melakukan tugas sebagai pengawas pemilu ditingkat Kelurahan/Desa.” Setelah kegiatan ini akan ada pembekalan dan bimtek bagi PKD yang sudah dilantik.” ucapnya.

Sebagai penyelenggara Pemilu ia harapkan tidak ada pelanggaran serta tetap menjaga netralitas dalam pelaksanaan Pemilu 2024 nanti.
Pada pelaksanaan tugasnya nanti harus melakukan koordinasi dengan semua unsur terkait dalam mengawasi pelaksanaan Pemilu.

“PKD mempunyai peranan yang sangat penting dalam kegiatan pengawasan pemilihan, yang mana demokrasi yang kita anut merupakan ideal untuk menjalankan roda pemerintahan,”tegasnya.

Diketahui dalam acara ini diawali dengan Pembacaan Surat Keputusan oleh Panwascam dilanjutkan dengan pengambilan sumpah janji calon pengawas pemilu serta penandatanganan.(dik)

Prosesi Pengambilan Sumpah Janji Kepada Pengawas Desa/ Kelurahan
Comments