Keren…!! Inspektorat Ponorogo Luncurkan Aplikasi “Es Kopi Pahit”

Sistem Konsultasi Hasil Pengawasan Inspektorat Berbasis Humanis

PONOROGO– Pemerintah Kabupaten Ponorogo meluncurkan Aplikasi Sistem informasi hasil pengawasan Inspektorat atau yang disingkat (ES Kopi Pahit) Sistem Konsultasi Pengawasan Internal dan Pemeriksaan Yang Humanis Berbasis IT.

Peluncuran, aplikasi sistem konsultasi hasil pengawasan Inspektorat berbasis humanis ini, mempunyai peran penting yakni sebagai Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) dengan tujuan untuk melakukan konsultasi dalam bidang teknis bagi unit Perangkat Daerah dan instansi lainya.

“Ini dapat memberikan kontribusi yang besar.yakni memudahkan objek pemeriksaan dalam melakukan konsultasi, serta memberikan manfaat baik secara internal ispektorat maupun eksternal yang ingin mendapatkan layanan konsultasi pengawasan pemeriksaan,” kata Imam Basori, Kepala Inspektorat Kabupaten Ponorogo, Jumat (08/12/2023).

Lebih lanjut, Imam menjelaskan dengan adanya Aplikasi tersebut diharapkan dapat mendorong peningkatan progres penyelesaian rekomendasi temuan hasil pengawasan Inspektorat.

“Selain itu ini sebagai salah satu indikator kinerja Inspektorat dalam mewujudkan tranparansi, efektivitas, efisiensi dan akuntabilitas pengawasan internal,” jelasnya.

Sementara Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko menyampaikan apresiasi atas terobosan yang dilakukan oleh Inspektorat Kabupaten Ponorogo. Tentunya melalui inovasi ini, diharapkan ada peningkatan pelayanan yang lebih baik, yakni adanya bimbingan dalam sistem pengelola keuangan mulai dari tingkat Kabupaten, desa serta Kelurahan.

“Ini salah satu upaya untuk meningkatkan akuntabilitas dalam kemajuan teknologi informasi, maka penggunaan aplikasi ini dapat dipilih sebagai bagian dari upaya untuk mempermudah pengawalan dan pengawasan terhadap daerah sehingga terciptanya tata kelola yang baik dan bersih,” pungkasnya. (el)

Comments