Plengsengan Longsor, Kantor Balai Desa Dan Jalan Desa Terancam Rusak

PONOROGO- Plengsengan tembok penahan jalan, yang ada di Dusun sukomaju Desa Ngilo-ilo Kecamatan Slahung Ponorogo longsor tergerus air hujan. Ambrolnya plengsengan ini mengancam putusnya jalan yang ada diatasnya serta mengancam kantor balai desa setempat, Selasa (16/11/2021).

Kabid Kedaruratan BPBD Kabupaten Ponorogo, Setyo Budiono mengatakan, kejadian ambrolnya plengsengan penahan jalan ini seringkali terjadi. Setiap musim hujan, debit air meningkat dan menggerus tembok penahan tanah.

“Atas kejadian ini mengancam jalan poros desa serta kantor balai desa dan membuat pipa Pamsimas terputus,” ucapnya.

Budi juga menambahkan, untuk mengantisipasi agar tidak semakin tergerus, tim TRC BPBD dibantu sejumlah warga setempat bergotong royong membuat pagar pembatas jalan.

“Hari ini warga bergotong royong membuat pagar pembatas jalan agar warga yang melintas selalu waspada jika jalur tersebut mengalami longsor,” terangnya

Atas kejadian ini, petugas mengimbau warga untuk lebih waspada dengan adanya cuaca ekstrim ini. Diperkirakan sebelum beralih ke musim kemarau, hujan dengan intensitas tinggi akan terus terjadi di Kabupaten Ponorogo.(el)

Comments