MEMBANGUN KESADARAN POLITIK PADA GENERASI Z SEBAGAI PEMILIH PEMULA PADA PEMILU 2024

Oleh
Dra. Ekapti Wahjuni Djuwitaningsih, M.Si
Dr. Dian Suluh Kusuma Dewi, M.AP
Dwiana Binti Yulianti, M.Pd
Program Studi Ilmu Pemerintahan, Universitas Muhammadiyah Ponorogo

PONOROGO -Pemilihan umum (Pemilu)merupakan media demokrasi bangsa dalam menentukan kepemimpinan yang dikehendaki warga negara. Setiap warga negara mempunyai hak dalam pemilu, begitu juga dengan generasi muda terutama generasi muda yang baru tercatat sebagai pemilih pemula.

Pemilih pemula, saat ini merupakan generasi Z yang cenderung mengikuti tren di lingkungan tempat tinggalnya karena belum mempunyai literasi politik yang memadai Pemilih pemula juga sering mengalami fluktuasi antara antusiasme dan apatisme politik. Mereka juga sering dipengaruhi berbagai pihak untuk ikut serta dalam kampanye politik oleh karena itu, generasi Z sebagai pemilih pemula penting untuk mendapatkan edukasi dan wawasan terkait dengan politik agar mereka bisa membangun kesadaran politik sehingga mampu menjadi pemilih pemula cerdas dalam pemilu 2024 ini.

Dalam rangka pemahaman politik bagi generasi Z terkait dengan pemilu, maka dosen di prodi Ilmu Pemerintahan (IP) Universitas Muhammadiyah Ponorogo (UMPO) melakukan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM). Kegiatan PKM ini bekerjasama dengan Himpuann Mahasiswa Ilmu Pemerintahan (HMIP) dengan tujuan memberikan edukasi dan pemahaman politik khususnya kepada generasi Z sebagai pemilih pemula terkait dengan kesadaran politik dalam pemilu 2024.

Bertempat di aula lantai 4 gedung rektorat UMPO, kegiatan ini dilaksanakan pada hari Selasa, tanggal 7 Mei 2024 dengan diikuti oleh pengurus dan anggota mitra serta seluruh mahasiswa IP Universitas Muhammaidyah Ponorogo.

Pengabdian ini dilakukan dengan tiga tahap: (1) persiapan, (2) pelaksanaan seminar, dan (3) pelaporan kegiatan. Pengabdian masyarakat ini dilakukan pada mitra berupa seminar yang dikemas melalui ceramah dan diskusi. Setelah pelaksanaan, hasil kegiatan pengabdian ini menunjukkan adanya beberapa peningkatan: peningkatan pemahamanan mitra terkait dengan pentingnya pemilu; peningkatan pemahaman mitra sebagai pemilih pemula dalam pemilu, dan pemahaman strategi dalam membangun kesadaran politik pada pemilu 2024. (***)

Comments