Kasat Pol PP Ponorogo, Rokok Ilegal Merugikan Negara dan Kesehatan

PONOROGO-Rokok Ilegal sangat berbahaya bagi kesehatan karena yang legal saja sudah berbahaya apalagi yang ilegal. Pasti tidak akan sesuai komposisi dan takaranny nya. 

“Tentu rokok ilegal sangat berbahaya ya, yang legal saja sudah bahaya apalagi yang ilegal. Pasti itu kan tidak sesuai komposisi kandungannya tidak terukur dan tidak melalui uji laboratorium,” Kata Eko Edi Suprapto, Kasat Pol PP Ponorogo.

Bahkan, Edi juga menjelaskan rokok illegal berpotensi untuk meningkatkan jumlah perokok dan perokok pemula karena murahnya harga rokok dipasaran. Selain itu, rokok illegal juga tidak mematuhi peraturan pemerintah terkait pemasangan Peringatan Kesehatan Bergambar sehingga informasi bahaya merokok tidak tersampaikan kepada masyarakat.

“Jika peredaran rokok illegal dapat dicegah, pendapatan negara melalui cukai dapat meningkat sehingga dapat dimanfaatkan untuk peningkatan program kesehatan yang bersifat promotif dan preventif untuk mengatasi dampak akibat merokok,” jelasnya.

Dikatanya, masyarakat bisa melihat rokok yang ilegal dengan ciri – ciri harga yang murah, kemudian tidak ada pita cukainya, atau ada pita cukai tapi tidak sesuai peruntukkan nya (pita cukai bekas) dan atau pita cukai palsu.

“Harapan kami masyarakat tidak lagi membeli dan mengkonsumsi rokok ilegal karena sangat merugikan negara dan kesehatan,” harapnya.(el)

Comments